Sabtu, 13 Juni 2020

Kanal SagusaBlog


Satu Guru Satu Blog atau yang lebih dikenal dengan Sebutan SAGUSABLOG salah satu kegiatan yang di laksanakan atau diselenggarakan oleh IGI (Ikatan Guru Indonesia) yang merupakan suatu sarana belajar bagi teman-teman guru seindonesia yang membuat saya bersemangat untuk mengikuti workshop

Syarat mengikuti Workshop Online SAGUSABLOG sangat mudah
Instal aplikasi TELEGRAM di smartphone, laptop atau tablet anda.
Tunjukan No KTA IGI (Ikatan Guru Indonesia) anda.
Ikuti workshop online dengan hati senang dan bahagia sampai TUNTAS

Menurut saya blogging adalah latihan yang luar biasa yang harus dicoba oleh semua guru dan pendidik, setidaknya kita dapat menunjukkan dan memberi contoh penggunaan internet yang lebih bermanfaat baik kepada sesama rekan guru atau kepada siswa.

Seorang guru bukanlah kunci jawaban dari setiap masalah, tapi guru juga perlu belajar dan mengupgrade pengetahuan yang mereka miliki apalagi dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat dan tuntutan pembelajaran abad 21.

Aktifitas ngeblog, membuat guru otomatis perlu meningkatkan kemampuan literasi mereka dari pengalaman yang saya rasakan saat mendapat tugas menulis artikel, bagi saya adalah sesuatu yang saya anggap masih sulit. Mungkin karena saya jarang menulis, hanya berbicara di depan kelas. Dengan memiliki blog saya mencoba merangkum dan menulis kembali beberapa hal yang selama ini hanya saya sampaikan di depan kelas misalnya merangkum kembali materi-materi pelajaran yang telah saya sampaikan dikelas. menulis laporan dari hasil penelitian siswa siswa di sekolah, menulis dan menganalisa materi-materi siswa, membuat soal-soal berbasis online atau berbagi informasi lainnya. Saya nyakin blog guru tidak hanya diakses oleh siswa tetapi juga oleh guru atau pihak-pihak lain yang membutuhkan informasi yang relevan. Ada banyak manfaat yang saya rasakan dari memiliki blog guru diantaranya blog guru dapat digunakan sebagai media berbagi pengetahuan dan pengalaman, blog guru jg media strategis untuk saling berbagi pengetahuan dan sharing informasi sesama guru dalam komunitas guru se-indonesia. Manfaat lainnya seperti yang telah disebutkan di atas, bahwa dengan ngeblok seorang guru dapat memperbaiki keterampilan menulisnya sehingga menulis menjadi hal biasa bagi seorang guru.

Pada umumnya seorang guru sudah memiliki keterampilan menulis kreatif. Misalnya dalam menyusun karya tulis ilmiah atau KTI, Best Practice atau berbagai keterampilan menulis lainnya. Tulisan-tulisan tersebut menjadi syarat untuk naik pangkat atau persyaratan dalam mengikuti lomba di komunitas guru, seperti lomba guru prestasi dan lomba-lomba sejenis lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar